Minggu, 26 April 2015

Kurikulum Kewirausahaan



Kurikulum Kewirausahaan
    I.             
Deskripsi
:
Pelatihan kewirausahaan (Entreprenuer Training) merupakan salah satu training informal di KOHATI yang merupakan salah satu sarana mengembangkan potensi jiwa wirausaha kader serta mampu mewujudkan kemandirian kader sesuai dengan main isu KOHATI yakni “kemandirian”.
 II.             
Sasaran                               
:
Kader HMI-wati yang telah enam bulan lulus LK-1
III.             
Standar Kompetensi
:
Setelah mengikuti training ini peserta memiliki keterampilan khusus tentang kewirausahaan dan dapat menerapkannya dalam kehidupan.
IV.             
Kompetensi dasar
:
1.      Peserta memiliki dan menumbuhkan jiwa wirausaha
2.       Peserta memiliki kemampuan managerial usaha
3.      Memiliki keterampilan berwirausaha
4.      Peserta memiliki kemampuan berfikir logic
 V.             
Materi inti
:
1.      Jiwa Wirausaha
2.      Managerial Usaha
3.      Keterampilan Berwirausaha
4.      Berfikir Logic
VI.             
Materi penunjang
:
Materi berkaitan dengan kearifan local
VII.             
Metode dan proses
:
Proses pelatihan dan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran aktive learning, dengan berpedoman pada teori belajar kontruktivisme, maka metode-metode pembelajaran yang digunakan adalah metode yang mengaktifikan peserta (peran peserta lebih dominan).
VIII.             
Penyelenggara
:
KOHATI HMI Cabang
IX.             
Alokasi waktu
:
28 x 45 menit
 X.             
Evaluasi
:
1.      Sebelum training berlangsung dilakukan pre test (screening test) dan penilaian bussines plan
2.      Post test dilakukan setelah materi selesai
3.      Test skala sikap dilakukan untuk menilai sikap peserta selama kegiatan
4.      Tes akhir adalah test berkaitan dengan keseluruhan materi pelatihan
XI.             
Referensi dan narasumber
:
1.      Referensi: peserta dan narasumber serta pengelola dapat menggunakan referensi terbaru yang berkaitan dengan materi-materi
2.      Narasumber: bagi penyelenggara kegiatan narasumber yang diundang adalah narasumber yang memiliki kompetensi  dan spesifikasi di bidangnya dan diutamakan dari keluarga besar HMI

Materi
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indikator

Alokasi Waktu
I. Jiwa Wirausaha

8 x 45 Menit

Peserta Memiliki dan menumbuhkan jiwa wirausaha
Memiliki etika dan jiwa kewirausahaan yang meliputi: sikap sopan santun, jujur, disiplin, tekun, semangat kerja,
tahu diri, tenggangrasa, ulet
dan kesederhanaan sebagai wirausaha
1.      Memahami makna etika dan Jiwa kewirausahaan
2.      Mampu berperilaku yang didasari oleh etika dan jiwa kewirausahaan
3.      Memiliki semangat Berwirausaha
4.      Mampu menunjukkan watak/karakteristik sebagai wirausaha
2 x 45 menit


Mampu
berkomunikasi sosial
secara efektif
sebagai seorang
wirausaha
1.      Mampu menyampaikan pesan secara efektif melalui komunikasi lisan dalam pergaulan usaha
2.      Mampu menyampaikan pesan secara efektif melalui komunikasi tulisan dalam pergaulan usaha
3.      Mampu menjadi pendengar yang baik dan kritis dalam komunikasi sosial
2 x 45 menit


Mampu
membangun
jaringan usaha
1.      Mampu mengidentifikasi mitra usaha (pemasok, distributor, perbankan/finance, dan
pelanggan)
2.      Mampu menjalin relasi dengan mitra usaha dengan prinsip win-win
3.      Mampu menjaga/merawat
 pelanggan lama
4.      Mampu mengembangkan menambah p/elanggan baru

2 x 45 menit


Mampu
membangun
kerjasama dalam
berwirausaha
1.      Mampu bekerja dalam tim (tim work) dalam menjalankan Wirausaha
2.      Mampu bernegosiasi dalam membangun kerja sama
3.      Mampu menyusun nota kerjasama dengan mitra kerja
2x 45 menit
II.    Kemampuan Manajerial Usaha Kecil
4 x 45 Menit

Peserta Memiliki kemampuan manajerial usaha kecil
Menguasai
administrasi usaha
kecil
1.      Memahami pembukuan sederhana usaha
2.      Mampu mengelola keuangan secara efektif dan efisien,
3.      Mampu mencari sumber dana dan menggunakannnya secara tepat, dan mengendalikannya
2  x 45 menit


Menguasai
pemasaran
1.      Menguasai pengetahuan produk barang/jasa yang dipasarkan
2.      Mampu mengemas barang/jasa yang dipasarkan sehingga menarik konsumen
3.      Mampu menetapkan harga produk atau jasa berdasarkan analisa biaya produksi dan biaya pemasaran
4.      Mampu melakukan kegiatan promosi yang efektif dan efisien untuk menguasai pasar
2 x 45 menit
III. Keterampilan Berwirausaha

8 x 45 menit

Memiliki keterampilan berwirausaha
Mampu membaca peluang usaha
1.      Menganalisis peluang usaha
2.      Mengidentifikasi sumber daya, produk dan jasa yang dapat dikembangkan
1 x 45 Menit


Mampu memilih jenis usaha yang akan dijalankan
1.      Mampu melakukan studi kelayakan usaha
2.      Dapat membaca pangsa pasar
3.      Mampu memilih produk dan jasa yang akan ditawarkan
1 x 45 menit


Mampu merencanakan usaha
1.      Mengetahui komponen-komponen rencana usaha
2.      Mampu memetakan lokasi usaha yang strategis
3.      Menjelaskan syarat-syarat pendirian usaha
4.      Membuat rencana usaha
2 x 45 menit


Mampu menjalankan usaha
1.      Mampu memetakan sumber daya untuk modal
2.      Mengetahui pengelolaan dan mengendalikan modal secara baik dan akurat
3.      Dapat melakukan transaksi jual beli
4.      Mampu memisahkan uang pribadi dan usaha
1 x 45 menit


Mampu mempertahankan usaha
1.      Mengetahui perilaku konsumen
2.      Menerapkan teknik-teknik pemasaran
3.      Analisa teknik kepuasan pelanggan
4.      Mampu merancang strategi persaingan usaha
1 x 45 menit


Mampu memahami strategi pengembangan usaha
1.      Mampu menganalisis kemajuan usaha
2.      Mengetahui cara-cara pengembangan usaha
2 x 45 menit
IV. Kemampuan berfikir logic
8 x 45 menit

Peserta memiliki kemampuan berfikir logic
Mampu
menganalisis kondisi
lingkungan dan
pasar
1.      Mampu membaca kondisi lingkungan usaha dan pasar
2.      Mampu memprediksi pengaruh kondisi lingkungan usaha dan pasar terhadap perkembangan usaha
1 x 45 menit


Mampu
menganalisis kondisi
usaha
1.      Mampu menghitung aliran kas (cash flow) usaha
2.      Mampu menghitung rugi laba Perusahaan
3.      Mampu menghitung Break Event Point (BEP)
4.      Mampu menentukan kondisi usaha apakah dalam keadaan maju (positif) atau mundur (negative)
2 x 45 menit


Mampu mengambil
keputusan dan
mengambil resiko
1.      Mampu menginventarisir alternatif keputusan dalam menjalankan dan mengembangkan usaha
2.      Mampu mempertimbangkan berbagai resiko untuk setiap alternative keputusan
3.      Mampu menentukan alternatif keputusan terbaik dengan resiko terkecil

1 x 45 menit


Mampu
memanfaatkan
peluang
1.      Memiliki kepekaan terhadap setiap peluang usaha yang ada
2.      Mampu melakukan analisis SWOT untuk menganalisa fisibilitas peluang usaha
3.      Mampu memanfaatkan peluang menjadi bidang usaha
2 x 45 menit


Menguasai inovasi
usaha
1.      Mampu melakukan inovasi dalam menjalankan usaha sesuai perubahan pasar
2.      Mampu membaca kecenderungan perubahan pasar
1 x 45 menit
V.    Materi kearifan lokal (materi ini dikondisikan sesuai dengan kebutuhan daerah pelaksana kegiatan) dengan tetap memperhatian efektivitas dan manfaat dari materi yang disajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar