Minggu, 26 April 2015

Kurikulum Latihan Khusus KOHATI (LKK)



Kurikulum Latihan Khusus KOHATI (LKK)
Sebagai bagian integral HMI, KOHATI dalam mennjalankan aktivitas senantiasa selaras dengan perkaderan HMI. Dalam pola perkaderan HMI secara khusus telah membahas rekrutmen kader, pembentukan kader dan pengabdian kader. Dalam pola dasar tersbeut KOHATI ditempatkan sebagai salah satu wadah pembentukan kader khususnya HMI-wati.
Namun demikian untuk memberikan arah yang lebih jelas bagi KOHATI seabagai badan khusus dalam totalitas perkaderan HMI, diperlukan kesamaan dan keseragaman secara nasiona dalam pengelolaan Latihan Khusus KOHATI (LKK). Secara legal LKK merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan HMI, khususnya dalam peningkatan peranan HMI-wati yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dan menerapkannya sebagai pola pikir, sikap dan perilaku, intelektualitas, profesional dan mandiri.
LKK ini dimaksudkan sebagai lanjutan dari materi LK I dalam membangun kesadaran maupun membuka wawasan HMI-wati untuk keluar dari jebakan persepsi masyarakat tentang adanya realitas ketidakadilan gender, serta menemukan pemahaman akan jati diri kemanusiaan dalam konteks idealisasi yang ingin dibangun HMI.
Maka dari itu, Pengurus KOHATI PB merumuskan kurikulm Latihan Khusus KOHATI sebagai acuan dalam pengelolaan Latihan Khusus KOHATI yang diselenggarakan oleh KOHATI Cabang se-Indonesia. Adapun penjabarannya dapat dilihat pada tabel berikut ini:
No
Komponen
Deskripsi
I
KEISLAMAN
Standar Kompetensi: Memahami Peran Perempuan Dalam Perspektif Islam Serta Tanggungjawabnya Dalam Struktur Komunitas Masyarakat
1
Perempuan dalam perspektif Islam

Alokasi waktu

Kompetensi Dasar


Indikator







Tujuan


Pokok Bahasan






Metode

Penilaian



Referensi



4 x 45 menit

Mendeskripsikan peran perempuan dalam dimensi keislaman

1.      Peserta dapat menjelaskan hakikat penciptaan manusia dalam islam
2.      Peserta dapat menjelaskan kedudukan perempuan dalam Islam
3.      Peserta dapat mewujudkan tanggungjawab sebagai muslimah dalam struktur komunitas dan masyarakat
4.      Peserta dapat menjelaskan tentang fiq-hunnisa’a

Peserta dapat memahami eksistensi perempuan dalam perspektif perempuan

1.      Hakikat penciptaan perempuan
2.      Kedudukan perempuan dalam islam
3.      Ketauladanan tokoh perempuan islam
4.      Tanggunga jawab muslimah dalam struktur komunitas masyarakat
5.      Urgensi Fiq-hunnisa’a dalam ajaran islam

Ceramah, FGD, case study dan Brainstorming

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

-       NDP
-       Argumentasi kesetaraan gender perspektif Al-Qur’an: Nasaruddin Umar
-       Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
II
KEPEREMPUANAN
Standar Kompetensi: Memahami kepribadian perempuan dan eksistensi perempuan
1
Psikologi Perempuan

Alokasi waktu


Kompetensi Dasar


Indikator







Tujuan


Materi






Metode

Penilaian



Referensi


4 x 45 menit


Mendiskripsikan Makna Psikologi Perempuan dan kepribadian perempuan

1.      Peserta dapat menjelaskan psikologi perempuan
2.      Peserta dapat menyebutkan dan menjelaskan fase-fase perkembangan jiwa dan karakteristik perempuan
3.      Membandingkan nilai-nilai  sosial budaya terhadap kepribadian kaum perempuan
4.      Menguraikan problem solving atas permasalahan kaum perempuan

Peserta dapat memahami psikologi perempuan dan karakteristik perempuan

1.      Pengertian psikologi perempuan
2.      Fase-fase Perkembangan jiwa dan karakteristik perempuan
3.      Pengaruh nilai-nilai sosial budaya terhadap kepribadian kaum perempuan
4.      Problem solving atas permasalahan perempuan

Ceramah, FGD, case study dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
2
Kesehatan Perempuan

Alokasi Waktu

Kompetensi Dasar

Indikator










Tujuan


Materi






Metode 

Penilaian



Referensi


4 x 45 menit

Meganalisis kesehatan perempuan

1.      Peserta dapat menganalisis tentang kesehatan perempuan
2.      Peserta dapat menjelaskan pengertian kesehatan reproduksi
3.      Peserta dapat menguraikan kesehatan perempuan  dalam tinjauan medis dan etika moral
4.      Peserta dapat menyebutkan analisa dan pemenuhan kebutuhan gizi
5.      Peserta dapat menguraikan jenis –jenis penyakit menular seksual (PMS)

Peserta dapat memahami pentingnya menjaga kesehatan reproduksi perempuan

1.      Pengertian kesehatan perempuan
2.      Kesehatan perempuan dalam tinjauan medis dan etika moral
3.      Analisa dan pemenuhan kebutuhan gizi
4.      Mengenal jenis-jenis penyakit menular seksual (PMS)

Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
3
Peran perempuan dalam transformasi sosio kultur

Alokasi waktu

Standar Kompetensi


Indikator






Tujuan


Materi





Metode

Penilaian



Referensi



4 x 45 menit

Mendeskripsikan peran perempuan dalam transformasi sosio kultur

1.      Peserta dapat menganalisis sejarah gerakan perempuan dalam wilayah patriarki
2.      Peserta dapat menyebutkan pengaruh media massa terhadap pembentukan citra diri perempuan
3.      Peserta dapat menjabarkan eksistensi perempuan dalam konstalasi politik

Peserta dapat memahami dan menganalisis gerakan perempuan dalam transformasi sosio kultur

1.      Sejarah gerakan perempuan
2.      Posisi perempuan dalam wilayah patriarki
3.      Pengaruh media massa terhadap pembentukan citra diri perempuan
4.      Eksistensi perempuan dalam konstalasi politik

Ceramah, FGD, case study dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
4
Posisi Perempuan dalam perspektif Pertumbuhan dan Perkembangan IPTEK

Alokasi waktu

Komptensi Dasar


Indikator








Tujuan


Materi





Metode

Penilaian



Referensi




4 x 45 menit

Menganalisis posisi perempuan dalam perspektif pertumbuhan dan perkembangan IPTEK

1.      Peserta dapat meguraikan tantangan perempuan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2.      Peserta dapat menganalisis dampak ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan perempuan
3.      Peserta dapat mengidentifikasi  scientific problem solving dan pemecahannya

Peserta dapat menganalisis eksistensi perempuan dalam menghadapi pertumbuhan dan perkembangan IPTEK

1.      Tantangan perempuan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2.      Dampak ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan perempuan
3.      Scientek problem solving

Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
5
Perempuan dan strategi pembangunan

Alokasi waktu

Kompetensi Dasar


Indikator








Tujuan



Pokok Bahasan






Metode

Penilaian



Referensi



4 x 45 menit

Peserta dapat menganalisis peran perempuan dalam strategi Pembangunan

1.      Peserta dapat menjelaskan pengertian dan penerapan konsep Women In Development (WID)
2.      Peserta dapat enjelaskan pengertian dan penerapan  konsep Women and Development (WAD)
3.      Peserta dapat menjelaskan pengertian dan penerapan Konsep Gender And Development (GAD)
4.      Peserta dapat menganalisis peran perempuan dan pengembangan strategi dalam pembangunan

Peserta dapat mengetahui berbagai strategi pembangunan yang digunakan dalam menyelesaikan problem sosial yang berlaitan dengan perempuan

1.      Pengertian dan penerapan konsep  Women in Development (WID)
2.      Pengertian dan penerapan konsep Women And Development (WAD)
3.      Pengertian dan penerapan Konsep Gender and Development (GAD)

Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
6
Ketidakadilan terhadap perempuan dalam perspektif hukum dan sosiokultur

Alokasi waktu

Kompetensi Dasar


Indikator








Tujuan




Pokok Bahasan






Metode

Penilaian



Referensi





4 x 45 menit

Peserta dapat menganalisis ketidakadilan terhadap perempuan dalam perspektif hukum an sosiokultur

1.      Peserta dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk ketidakadilan terhadap perempuan dalam perpesktif sosio kultur
2.      Peserta dapat menguraikan konsep ketidakadilan terhadap perempuan dalam perspektif hukum dan sosiokultur
3.      Peserta dapat mengemukakan gagasan dalam merespon ketidakadilan terhadap perempuan

Peserta dapat memahami berbagai bentuk kekerasan dan ketidakadilan perempuan dalam sosiokultur dan mengemukakan gagasan dalam menepis ketidakadilan terhadap perempuan.

1.      Bentuk-bentuk ketidakadilan dan kekerasan terhadap perempuan dalam perspektif hukum
2.      Bentuk-bentuk ketidakadilan dan kekerasan terhadap perempuan dalam perspektif sosiokultur
3.      Konsep menepis ketidakadilan dan kekerasan terhadap perempuan

Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
7
Kekerasan Terhadap Perempuan

Alokasi Waktu

Kompetensi Dasar


Indikator






Tujuan



Pokok Bahasan




Metode

Penilaian



Referensi



4 x 45 menit

Peserta dapat memahami dan menganalisis bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan

1.       Peserta dapat menjelaskan bentuk- bentuk kekerasan terhadap perempuan dalam perspektif hukum dan Islam
2.      Peserta dapa mengemukakan konsep dalam menanggulangi kekerasan perempuan dalam perspektif islam dan hukum

Peserta dapat memahami bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan dan mengemukakan konsep dalam menanggulangi kekerasan terhadap perempuan

1.      Bentuk-bentuk kekerasan perempuan baik fisik mapun psikis
2.      Konsep dalam untuk menanggulangi kekerasan terhadap perempuan

Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan
                             
Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
III
KEORGANISASIN
Standar Kompetensi: Memahami kelembagaan KOHATI
1
Pedoman Dasar KOHATI

Alokasi Waktu

Kompetensi Dasar



Indikator





Tujuan


Pokok Bahasan


Metode

Penilaian



Referensi




4 x 45 menit

Peserta dapat memahami Pedoman Dasar KOHATI, Pola Pembinaan KOHATI  dan Administrasi dan Kesekretariatan KOHATI.

1.      Peserta mampu menjelaskan batang tubuh Pedoman Dasar KOHATI
2.      Peserta mampu menjelaskan filosofi Atribut KOHATI, Administrasi dan kesekretariatan KOHATI

Peserta dapat memahami kelembagaan KOHATI secara komprehensif

1.      Batang Tubuh PDK
2.      Atribut, Administrasi dan Kesekretariatan KOHATI

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan
                             
PDK
AD dan ART HMI
NDP
Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
2
Perspektif KOHATI sebagai Kontributor Pembaharuan

Alokasi Waktu

Kompetensi Dasar


Indikator






Pokok Bahasan




Metode

Penilaian



Referensi                               




4 x 45 menit

Peserta dapat memahami dan menganalisis perspektif KOHATI sebagai Kontributor Pembaharuan 

1.      Peserta dapat menjelaskan eksistensi KOHATI dalam struktur sosial
2.      Peserta dapat menjelaskan eksistensi KOHATI dalam perkembangan organisasi professional
3.      Peserta dapat mengetahui arah pembinaan dan posisi strategis KOHATI sebagai kontributor pembaharuan

1.      Eksistensi KOHATI dalam struktur Sosial
2.      KOHATI dan perkembangan Organisasi Profesional
3.      Analisis kelembagaan KOHATI
4.      Posisi strategis KOHATI sebagai pembaharuan

Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

NDP HMI
AD dan ART HMI
PDK
Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
3
Revitalisasi analisis KOHATI terhadap Isu Keperempuanan

Alokasi Waktu

Kompetensi Dasar


Indikator






Pokok Bahasan





Metode

Penilaian



Referensi




4 x 45 menit

Peserta dapat mendeskripsikan revitalisasi analisis KOHATI terhadap isu keperempuanan

1.      Peserta dapat menjelaskan peran KOHATI dalam dinamika gerakan keperempuanan
2.      Peserta dapat mengidentifikasi  Isu-isu keperempuanan kontemporer
3.      Peserta dapat mengetahui format gerakan KOHATI dalam menyikapi isu keperempuanan

1.      Arah pembinaan KOHATI
2.      Platform Gerakan KOHATI dan dinamika gerakan keperempuanan
3.      gerakan KOHATI dalam menyikapi isu keperempuanan

Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

NDP HMI
AD dan ART HMI
PDK
Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
IV
MATERI PENUNJANG
Materi penunjang dapat dipilih sesuai dengan kedudukan dan kondisi peserta LKK dan kondisi cabang masing-masing dengan tetap memperhatikan efektivitas dan manfaat materi yang dipilih yang disajikan. Adapun materi penunjang yang dianjurkan adalah:

Standar Kompetensi: Memahami pentingnya aktualisasi diri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
1
Retorika Dan Keprotokoleran KOHATI

Alokasi Waktu

Kompetensi Dasar


Indikator





Tujuan


Pokok Bahasan



Metode

Penilaian



Referensi



4 x 45 menit

Peserta dapat mendeskripsikan tentang retorika dan keprotokoleran KOHATI

1.      Peserta dapat menjelaskan tentang retorika yang baik dan benar
2.      Peserta mengetahui keprotokoleran KOHATI
3.      Peserta dapat menerapkan teknik keprotokeran di setiap kegiatan formal KOHATI

Memberikan  pemahaman peserta tentang retorika dan keprotokoleran KOHATI

1.      Retorika
2.      Keprotokoleran KOHATI
3.      Kode etik sebagai fasilitator dan pemateri

Ceramah, demostrasi dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

NDP HMI
AD dan ART HMI
PDK
Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
2
Public Speaking

Alokasi Waktu

Kompetensi Dasar

Indikator





Pokok Bahasan



Metode

Penilaian



Referensi


4 x 45 menit

Peserta memahami konsep komunikasi fektif

1.      Peserta dapat menjelaskan pengertian public speaking
2.      Peserta dapat menjelaskan konsep public speaking dan komunikasi efektif
3.      Peserta dapat menerapkan teknik public speaking

1.      Pengertian public speaking dan komunikasi efektif
2.      Konsep public speaking dan komunikasi efektif
3.      Teknik publik speaking dan komunikasi efektif

Ceramah, demostrasi dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
3
Kecerdasan Intelektual (KI), Kecerdasan Emosional (KE) dan Kecerdasan Spiritual (KS)

Alokasi Waktu

Kompetensi Dasar

Indikator







Tujuan



Pokok Bahasan




Metode

Penilaian



Referensi





4 x 45 menit

Peserta dapat memahami KI, KE dan KS

1.      Peserta dapat menjelaskan KI, KE dan KS
2.      Peserta dapat mengetahui pentingnya keseimbangan KI,KE dan KS
3.      Peserta dapat menginternalisasikan KE dan KS dalam dirinya.
4.      Peserta dapat mengerti manajemen diri melalui KI, KE dan KS

Peserta diharapkan memiliki kesadaran akan pentinganya KI, KE dan KS dan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari

1.      Kecerdasan Intelektual
2.      Kecerdasan Emosional
3.      Kecerdasan Spiritual
4.      Manajemen Diri

Ceramah, demostrasi dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

Buku-buku yang relevan dengan materi pokok
4
Perempuan dan Wirausaha

Alokasi Waktu

Kompetensi Dasar



Indikator




Tujuan



Pokok Bahasan




Metode

Penilaian



Referensi


4 x 45 menit

Peserta memiliki keterampilan khusus tentang kewirausahaan dan dapat menerapkannya dalam kehidupan

1.      Peserta memiliki dan menumbuhkan jiwa wirausaha
2.       Peserta memiliki kemampuan managerial usaha
3.      Memiliki keterampilan berwirausaha
4.      Peserta memiliki kemampuan berfikir logis

Peserta dapat mengembangkan potensi jiwa wirausaha serta mampu mewujudkan kemandirian sesuai dengan main isu KOHATI yakni “kemandirian”.

1.      Jiwa Wirausaha
2.      Managerial Usaha
3.      Keterampilan Berwirausaha
4.      Berfikir Logis

Ceramah, FGD dan tanya jawab

-       Keaktifan dan kualitas tanggapan/sanggahan
-       Kemampun merevie materi dan Presentasi
-       Test Obejektif dan penugasan

Buku-buku yang relevan dengan materi pokok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar