Kurikulum Latihan Khusus KOHATI (LKK)
Sebagai
bagian integral HMI, KOHATI dalam mennjalankan aktivitas senantiasa selaras
dengan perkaderan HMI. Dalam pola perkaderan HMI secara khusus telah membahas
rekrutmen kader, pembentukan kader dan pengabdian kader. Dalam pola dasar
tersbeut KOHATI ditempatkan sebagai salah satu wadah pembentukan kader
khususnya HMI-wati.
Namun
demikian untuk memberikan arah yang lebih jelas bagi KOHATI seabagai badan
khusus dalam totalitas perkaderan HMI, diperlukan kesamaan dan keseragaman
secara nasiona dalam pengelolaan Latihan Khusus KOHATI (LKK). Secara legal LKK
merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan HMI, khususnya dalam
peningkatan peranan HMI-wati yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dan
menerapkannya sebagai pola pikir, sikap dan perilaku, intelektualitas,
profesional dan mandiri.
LKK
ini dimaksudkan sebagai lanjutan dari materi LK I dalam membangun kesadaran
maupun membuka wawasan HMI-wati untuk keluar dari jebakan persepsi masyarakat
tentang adanya realitas ketidakadilan gender, serta menemukan pemahaman akan
jati diri kemanusiaan dalam konteks idealisasi yang ingin dibangun HMI.
Maka
dari itu, Pengurus KOHATI PB merumuskan kurikulm Latihan Khusus KOHATI sebagai
acuan dalam pengelolaan Latihan Khusus KOHATI yang diselenggarakan oleh KOHATI
Cabang se-Indonesia. Adapun penjabarannya dapat dilihat pada tabel berikut ini:
No
|
Komponen
|
Deskripsi
|
I
|
KEISLAMAN
Standar
Kompetensi: Memahami Peran Perempuan Dalam Perspektif Islam Serta Tanggungjawabnya
Dalam Struktur Komunitas Masyarakat
|
|
1
|
Perempuan
dalam perspektif Islam
Alokasi
waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan
Pokok
Bahasan
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Mendeskripsikan
peran perempuan dalam dimensi keislaman
1. Peserta dapat menjelaskan hakikat penciptaan
manusia dalam islam
2. Peserta dapat menjelaskan kedudukan perempuan
dalam Islam
3. Peserta dapat mewujudkan tanggungjawab sebagai
muslimah dalam struktur komunitas dan masyarakat
4. Peserta dapat menjelaskan tentang
fiq-hunnisa’a
Peserta
dapat memahami eksistensi perempuan dalam perspektif perempuan
1. Hakikat penciptaan perempuan
2. Kedudukan perempuan dalam islam
3. Ketauladanan tokoh perempuan islam
4. Tanggunga jawab muslimah dalam struktur komunitas masyarakat
5. Urgensi Fiq-hunnisa’a dalam ajaran islam
Ceramah, FGD, case study dan Brainstorming
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
-
Test Obejektif dan penugasan
-
NDP
-
Argumentasi kesetaraan gender
perspektif Al-Qur’an: Nasaruddin Umar
-
Buku-buku yang relevan dengan
materi pokok
|
II
|
KEPEREMPUANAN
Standar
Kompetensi: Memahami kepribadian perempuan dan eksistensi perempuan
|
|
1
|
Psikologi Perempuan
Alokasi waktu
Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan
Materi
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Mendiskripsikan
Makna Psikologi Perempuan dan kepribadian perempuan
1. Peserta
dapat menjelaskan
psikologi perempuan
2. Peserta dapat menyebutkan dan menjelaskan fase-fase
perkembangan jiwa dan karakteristik perempuan
3. Membandingkan
nilai-nilai sosial budaya terhadap
kepribadian kaum perempuan
4. Menguraikan
problem solving atas permasalahan kaum perempuan
Peserta
dapat memahami psikologi perempuan dan karakteristik perempuan
1.
Pengertian psikologi perempuan
2.
Fase-fase Perkembangan jiwa dan
karakteristik perempuan
3.
Pengaruh nilai-nilai sosial
budaya terhadap kepribadian kaum perempuan
4.
Problem solving atas permasalahan perempuan
Ceramah, FGD, case study dan tanya jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
Buku-buku yang relevan dengan
materi pokok
|
2
|
Kesehatan Perempuan
Alokasi
Waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan
Materi
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Meganalisis
kesehatan perempuan
1.
Peserta dapat menganalisis tentang kesehatan
perempuan
2. Peserta
dapat menjelaskan pengertian kesehatan reproduksi
3. Peserta
dapat menguraikan kesehatan perempuan
dalam tinjauan medis dan etika moral
4. Peserta
dapat menyebutkan analisa dan pemenuhan kebutuhan gizi
5. Peserta
dapat menguraikan jenis –jenis penyakit menular seksual (PMS)
Peserta
dapat memahami pentingnya menjaga kesehatan reproduksi perempuan
1. Pengertian
kesehatan perempuan
2. Kesehatan
perempuan dalam tinjauan medis dan etika moral
3. Analisa
dan pemenuhan kebutuhan gizi
4. Mengenal
jenis-jenis penyakit menular seksual (PMS)
Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
Buku-buku yang relevan dengan
materi pokok
|
3
|
Peran
perempuan dalam transformasi sosio kultur
Alokasi
waktu
Standar
Kompetensi
Indikator
Tujuan
Materi
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Mendeskripsikan
peran perempuan dalam transformasi sosio kultur
1.
Peserta dapat menganalisis sejarah gerakan perempuan
dalam wilayah patriarki
2. Peserta
dapat menyebutkan pengaruh media massa terhadap pembentukan citra diri
perempuan
3. Peserta
dapat menjabarkan eksistensi perempuan dalam konstalasi politik
Peserta
dapat memahami dan menganalisis gerakan perempuan dalam transformasi sosio
kultur
1. Sejarah
gerakan perempuan
2. Posisi
perempuan dalam wilayah patriarki
3. Pengaruh
media massa terhadap pembentukan citra diri perempuan
4. Eksistensi
perempuan dalam konstalasi politik
Ceramah, FGD, case study dan tanya jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
Buku-buku
yang relevan dengan materi pokok
|
4
|
Posisi
Perempuan dalam perspektif Pertumbuhan dan Perkembangan IPTEK
Alokasi
waktu
Komptensi
Dasar
Indikator
Tujuan
Materi
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Menganalisis
posisi perempuan dalam perspektif pertumbuhan dan perkembangan IPTEK
1.
Peserta dapat meguraikan tantangan perempuan dalam
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2. Peserta
dapat menganalisis dampak ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan
perempuan
3. Peserta
dapat mengidentifikasi scientific
problem solving dan pemecahannya
Peserta
dapat menganalisis eksistensi perempuan dalam menghadapi pertumbuhan dan
perkembangan IPTEK
1. Tantangan
perempuan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2. Dampak
ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan perempuan
3. Scientek
problem solving
Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
Buku-buku
yang relevan dengan materi pokok
|
5
|
Perempuan dan
strategi pembangunan
Alokasi
waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan
Pokok
Bahasan
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Peserta
dapat menganalisis peran perempuan dalam strategi Pembangunan
1. Peserta
dapat menjelaskan pengertian dan penerapan konsep Women In Development (WID)
2. Peserta
dapat enjelaskan pengertian dan penerapan
konsep Women and Development
(WAD)
3. Peserta
dapat menjelaskan pengertian dan penerapan Konsep Gender And Development (GAD)
4.
Peserta dapat menganalisis peran perempuan dan
pengembangan strategi dalam pembangunan
Peserta
dapat mengetahui berbagai strategi pembangunan yang digunakan dalam
menyelesaikan problem sosial yang berlaitan dengan perempuan
1. Pengertian
dan penerapan konsep Women in Development (WID)
2. Pengertian
dan penerapan konsep Women And
Development (WAD)
3. Pengertian
dan penerapan Konsep Gender and
Development (GAD)
Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
Buku-buku
yang relevan dengan materi pokok
|
6
|
Ketidakadilan
terhadap perempuan dalam perspektif hukum dan sosiokultur
Alokasi
waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan
Pokok
Bahasan
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Peserta
dapat menganalisis ketidakadilan terhadap perempuan dalam perspektif hukum an
sosiokultur
1. Peserta dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk
ketidakadilan terhadap perempuan dalam perpesktif sosio kultur
2. Peserta
dapat menguraikan konsep ketidakadilan terhadap perempuan dalam perspektif
hukum dan sosiokultur
3. Peserta dapat mengemukakan gagasan dalam merespon
ketidakadilan terhadap perempuan
Peserta
dapat memahami berbagai bentuk kekerasan dan ketidakadilan perempuan dalam
sosiokultur dan mengemukakan gagasan dalam menepis ketidakadilan terhadap
perempuan.
1. Bentuk-bentuk ketidakadilan dan kekerasan
terhadap perempuan dalam perspektif hukum
2. Bentuk-bentuk ketidakadilan dan kekerasan
terhadap perempuan dalam perspektif sosiokultur
3. Konsep menepis ketidakadilan dan kekerasan terhadap
perempuan
Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
Buku-buku
yang relevan dengan materi pokok
|
7
|
Kekerasan
Terhadap Perempuan
Alokasi
Waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan
Pokok
Bahasan
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Peserta
dapat memahami dan menganalisis bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan
1. Peserta dapat menjelaskan bentuk- bentuk kekerasan terhadap perempuan dalam perspektif hukum dan Islam
2. Peserta dapa mengemukakan konsep dalam menanggulangi kekerasan
perempuan dalam perspektif islam dan hukum
Peserta
dapat memahami bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan dan mengemukakan
konsep dalam menanggulangi kekerasan terhadap perempuan
1. Bentuk-bentuk kekerasan perempuan baik fisik mapun
psikis
2. Konsep dalam untuk menanggulangi kekerasan terhadap
perempuan
Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
Buku-buku
yang relevan dengan materi pokok
|
III
|
KEORGANISASIN
Standar
Kompetensi: Memahami kelembagaan KOHATI
|
|
1
|
Pedoman Dasar KOHATI
Alokasi
Waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan
Pokok
Bahasan
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Peserta dapat memahami Pedoman Dasar KOHATI,
Pola Pembinaan KOHATI dan Administrasi
dan Kesekretariatan KOHATI.
1. Peserta mampu menjelaskan batang tubuh Pedoman
Dasar KOHATI
2. Peserta mampu menjelaskan filosofi Atribut KOHATI, Administrasi dan kesekretariatan
KOHATI
Peserta dapat memahami kelembagaan KOHATI
secara komprehensif
1. Batang Tubuh PDK
2. Atribut, Administrasi dan
Kesekretariatan KOHATI
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
PDK
AD
dan ART HMI
NDP
Buku-buku
yang relevan dengan materi pokok
|
2
|
Perspektif
KOHATI sebagai Kontributor Pembaharuan
Alokasi
Waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Pokok
Bahasan
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Peserta
dapat memahami dan menganalisis perspektif KOHATI sebagai Kontributor
Pembaharuan
1.
Peserta dapat menjelaskan eksistensi KOHATI dalam
struktur sosial
2. Peserta
dapat menjelaskan eksistensi KOHATI dalam perkembangan organisasi
professional
3. Peserta
dapat mengetahui arah pembinaan dan posisi strategis KOHATI sebagai
kontributor pembaharuan
1. Eksistensi
KOHATI dalam struktur Sosial
2. KOHATI
dan perkembangan Organisasi Profesional
3. Analisis
kelembagaan KOHATI
4. Posisi
strategis KOHATI sebagai pembaharuan
Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
NDP HMI
AD dan ART HMI
PDK
Buku-buku yang
relevan dengan materi pokok
|
3
|
Revitalisasi
analisis KOHATI terhadap Isu Keperempuanan
Alokasi
Waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Pokok
Bahasan
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Peserta
dapat mendeskripsikan revitalisasi analisis KOHATI terhadap isu keperempuanan
1.
Peserta dapat menjelaskan peran KOHATI dalam dinamika gerakan keperempuanan
2. Peserta
dapat mengidentifikasi Isu-isu
keperempuanan kontemporer
3. Peserta
dapat mengetahui format gerakan KOHATI dalam menyikapi isu keperempuanan
1. Arah
pembinaan KOHATI
2. Platform
Gerakan KOHATI dan dinamika gerakan keperempuanan
3. gerakan
KOHATI dalam menyikapi isu keperempuanan
Ceramah, FGD,demostrasi, case study dan tanya jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
NDP HMI
AD dan ART HMI
PDK
Buku-buku
yang relevan dengan materi pokok
|
IV
|
MATERI PENUNJANG
Materi
penunjang dapat dipilih sesuai dengan kedudukan dan kondisi peserta LKK dan
kondisi cabang masing-masing dengan tetap memperhatikan efektivitas dan
manfaat materi yang dipilih yang disajikan. Adapun materi penunjang yang
dianjurkan adalah:
Standar Kompetensi: Memahami
pentingnya aktualisasi diri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
|
|
1
|
Retorika Dan
Keprotokoleran KOHATI
Alokasi
Waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan
Pokok
Bahasan
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Peserta
dapat mendeskripsikan tentang retorika dan keprotokoleran KOHATI
1. Peserta dapat menjelaskan tentang retorika yang baik
dan benar
2. Peserta mengetahui keprotokoleran KOHATI
3. Peserta dapat menerapkan teknik keprotokeran di setiap kegiatan formal KOHATI
Memberikan pemahaman peserta tentang retorika dan
keprotokoleran KOHATI
1. Retorika
2. Keprotokoleran KOHATI
3. Kode etik sebagai fasilitator dan pemateri
Ceramah, demostrasi dan tanya
jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
NDP HMI
AD dan ART HMI
PDK
Buku-buku
yang relevan dengan materi pokok
|
2
|
Public
Speaking
Alokasi
Waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Pokok
Bahasan
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Peserta memahami konsep komunikasi fektif
1. Peserta dapat menjelaskan pengertian public speaking
2. Peserta dapat menjelaskan konsep public speaking dan komunikasi efektif
3. Peserta dapat menerapkan teknik public speaking
1. Pengertian public
speaking dan komunikasi efektif
2. Konsep public
speaking dan komunikasi efektif
3. Teknik publik
speaking dan komunikasi efektif
Ceramah, demostrasi dan tanya
jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
Buku-buku yang relevan dengan
materi pokok
|
3
|
Kecerdasan
Intelektual (KI), Kecerdasan Emosional (KE) dan Kecerdasan Spiritual (KS)
Alokasi
Waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan
Pokok
Bahasan
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Peserta
dapat memahami KI, KE dan KS
1. Peserta
dapat menjelaskan KI,
KE dan KS
2. Peserta dapat mengetahui pentingnya keseimbangan KI,KE
dan KS
3. Peserta dapat menginternalisasikan KE dan KS dalam
dirinya.
4. Peserta dapat mengerti manajemen diri melalui KI, KE
dan KS
Peserta
diharapkan memiliki kesadaran akan pentinganya KI, KE dan KS dan mampu
menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
1. Kecerdasan Intelektual
2. Kecerdasan Emosional
3. Kecerdasan Spiritual
4. Manajemen Diri
Ceramah, demostrasi dan tanya
jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
Buku-buku yang relevan dengan
materi pokok
|
4
|
Perempuan dan Wirausaha
Alokasi
Waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan
Pokok
Bahasan
Metode
Penilaian
Referensi
|
4
x 45 menit
Peserta memiliki keterampilan khusus tentang kewirausahaan
dan dapat menerapkannya dalam kehidupan
1. Peserta memiliki dan
menumbuhkan jiwa wirausaha
2. Peserta memiliki kemampuan managerial usaha
3. Memiliki keterampilan berwirausaha
4. Peserta memiliki kemampuan berfikir logis
Peserta dapat mengembangkan potensi jiwa
wirausaha serta mampu mewujudkan kemandirian sesuai dengan main isu KOHATI yakni
“kemandirian”.
1. Jiwa Wirausaha
2. Managerial Usaha
3. Keterampilan Berwirausaha
4. Berfikir Logis
Ceramah, FGD dan tanya jawab
- Keaktifan
dan kualitas
tanggapan/sanggahan
-
Kemampun merevie materi dan Presentasi
- Test Obejektif dan penugasan
Buku-buku yang relevan dengan
materi pokok
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar